Departemen Kimia FMIPA Universitas Indonesia kembali menorehkan prestasi pada seleksi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI tahun 2018. Kali ini, sebanyak 6 judul PKM yang berasal dari Departemen Kimia berhasil mendapatkan pendanaan. Jumlah ini hampir mencapai 50% dari proposal didanai dari Fakultas MIPA (13 Proposal). Berikut ini merupakan judul proposal yang didanai oleh DIKTI.

Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Departemen Kimia FMIPA UI yang didanai DIKTI 2018:

1. Pemanfaatan Bromelain dari Limbah Bonggol Nanas yang Terenkapsulasi pada Hidrogel Semi-IPN Kitosan Metil Selulosa sebagai Controlled Drug Delivery System (Ketua: Adinda Azkia; Pembimbing: Dra. Siswati Setiasih, M.Si.)

2. Sintesis Senyawa Pirazoline dari Minyak Kayu Manis sebagai Zat Anti-TBC dengan Katalis Cangkang Telur Ayam (Ketua: Aulia Ratna Endriana; Pembimbing: Bayu Ardiansah, S.Si., M.Si)

3. Mikroenkapsulasi dan Formulasi Efek Sinergitas Jernang (Sanguis draconis) dan Kayu Manis sebagai Bahan Aktif Anti-Diabetes (Ketua: Maria Maghdalena; Pembimbing: Bayu Ardiansah, S.Si., M.Si)

4. Pemanfaatan Limbah Styrofoam dalam Green Nanocatalyst Magnetik Fe3O4 Termodifikasi untuk Sintesis Bahan Aktif Insektisida dari Bahan Alam Indonesia (Ketua: Nadiatus Silmi; Pembimbing: Dr. Ir. Antonius Herry Cahyana)

5. Pemanfaatan Silika Film dari Abu Sekam Padi Sebagai Adsorben Asam Lemak Bebas dalam Konversi Minyak Jelantah Menjadi Biodesel (Ketua:Vienty Sabrina; Pembimbing: Munawar Khalil, S.Si, M.Eng.Sc, Ph.D)

6. A-B-C (Anti-Bacterial Cloth) Tape (Ketua: Dzul Fadli Alimin; Pembimbing: Dra. Sri Handayani, M.Biomed)

 

Selamat! Semoga mampu membawa nama baik Kimia UI di PIMNAS 2018!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *