Departemen Kimia telah mengadakan rangkaian kegiatan Academic Reputation Enhancement, yang telah disetujui dan didanai oleh Universitas Indonesia, dari bulan Oktober 2020 hingga April 2021. Kegiatan Academic Reputation Enhancement ini disusun oleh Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP), Universitas Indonesia dan dirancang untuk melakukan program kerja unggulan, diantaranya ialah:

1. Global Academic Program (GAP)

Program ini difokuskan untuk menciptakan program akademik baru seperti kuliah singkat secara daring (virtual short courses), transfer kredit, dan sertifikasi magang (­non-degree) berskala internasional.

2. Pengembangan kolaborasi dengan dosen/staf/peneliti dari Universitas/Institusi berskala internasional yang diproyeksikan akan berkunjung ke Universitas Indonesia

a.    Visiting Professorship (VP)

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kolaborasi internasional dengan institut akademik berskala internasional lainnya, seperti pertukaran staf akademik, kolaborasi dan pengembangan riset bersama, bimbingan tugas akhir, penguji tugas akhir eksternal, dan turut aktif dalam memberikan workshop dan public lecture.

b.    International Benchmarking (IB)

Program ini bertujuan untuk memotivasi dosen/staf/praktisi industri lain dari beragam institusi internasional lain untuk bekerjasama dengan dosen dan staf pengajar Departemen Kimia dalam memberikan penilaian program secara eksternal, kolaborasi untuk pengayaan dan keterlibatan bersama, serta aktivitas benchmarking.

3. Pengembangan Kolaborasi dengan Diaspora (Diaspora Scientists Invitation (IID))

Program ini didedikasikan untuk mengembangkan Kerjasama dengan saintis diaspora yang aktif bekerja di institusi/universitas interasional untuk mengembangkan kurikulum akademik, riset, publikasi, kuliah umum, dan workshop dengan para dosen dan peneliti dari Departemen Kimia, Universitas Indonesia.

Anggota Tim dari Academic Reputation Enhancement

Kepala Departemen Kimia, sebagai Ketua Pelaksana: Dr. rer. nat. Budiawan

Koordinator Kegiatan: Dr. Yuni K. Krisnandi

Sekretaris: Dyah Utami Cahyaning Rahayu, M.Si.

 

Program Leaders

Global Academic Program: Dr. Rahmat Wibowo and Dita Arifa Nurani, M.Si., M.Sc.

Visiting Professorship: Dr. Muhammad Ridwan

International Benchmarking: Dr. Yuni K. Krisnandi

Diaspora Scientists Invitation: Dr. Iman Abdullah

 

 

Tim Support

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *